SEKILAS INFO
: - Jumat, 23-07-2021
  • 7 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru TP 2021/2022 telah dibuka, untuk mendaftar klik Menu PPDB2021 atau kunjungi ppdb.smkmuhsuruh.sch.id
  • 1 tahun yang lalu / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS SMK Muhammadiyah Suruh akan dilakukan secara Daring.
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Siswa Baru SMK Muhammadiyah Suruh Tahun Ajaran 2020 / 2021

(SEBUAH CORETAN DARI KAMI YANG BERKECIMPUNG DI DUNIA PENDIDIKAN PEDESAAN DI MASA PAGEBLUG)

(SETYORINI- Muhammadiyah Vocational High School of Suruh)

Duluuu sekali, 20 tahun yang lalu saat kami setiap hari kecuali hari minggu mengenakan seragam merah putih, rambut di kucir dua dan di oles minyak orang aring, berangkat pagi pulang siang menuju sekolah kami di dekat Balai Desa. tak pernah sekalipun terlintas bahwa suatu saat nanti kami akan bisa sekolah tanpa bertemu langsung dengan bu guru dan teman teman yang meskipun tidak banyak tapi cukup seru jika waktu istirahat tiba. karena bagi kami saat itu, Sekolah adalah gedung sekolah, Bu guru dan teman teman sekelas.

Duluuu, 6 tahun belajar di rantau yang jauh dari Bapak di desa, saat pertama kali mengenal komputer. tak pernah terbayangkan sedikitpun akan bisa belajar berbulan bulan dengan menggunakan komputer ataupun telpon seluler yang canggih. dulu, kami mendapatkan pelajaran komputer hanya satu pekan sekali, itupun terkadang 1 monitor kami pakai berdua atau bertiga dengan teman. dan untuk telpon seluler, saat itu hanya orang yang sangat kaya raya bak Sultan yang mampu memilikanya. Definisi Belajar dan sekolah pada saat itu menurut kami adalah Buku, Papan tulis, Ustadz/ Ustadzah, dan Menghafal.

Masih tentang dulu, saat status kami mulai naik menjadi sang Maha murid alias Mahasiswa. tak pernah ada bayangan di benak kami jika suatu saat nanti akan ada libur sekolah yang sangat panjang. saat itu, liburan terpanjang yang kami peroleh adalah satu bulan lamanya, yaitu pasca ujian semester. dan saat itu ketika setiap hari kami harus pusing mengerjakan tugas kuliah, mempersiapkan presentasi, lelah berjalan kaki pulang pergi dari kost ke kampus setiap hari, fotocopy materi kuliah hampir setiap hari, antri pinjam komputer di persewaan rental komputer, bertemu dengan teman teman sekelas setiap hari, menahan rindu untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman, kami terkadang merasa lelah. ingin rasanya menikmati libur panjang, belajar tanpa harus lebih dulu lelah berjalan kaki atau berdesak desakan di dalam Bus Umum, belajar dengan menggunakan media canggih seperti pelajar di negeri Jepang atau Amerika yang pernah kami lihat di televisi. ah, sepertinya menyenangkan seperti itu. kereeeen, Amazing, Awesome and Dahsyat.

Hari ini, di akhir penghujung tahun 2020. saat diri ini bukan lagi sebagai siswa. namun sebagai Pendamping siswa. seolah olah semua yang duluuuu tak pernah terjadi dan bahkan terbayangkan pun tidak, semua terjadi. Is Dream Comes true?, akhirnya bisa liburan panjang sekali. terhitung dari pertengan bulan Maret hingga hari ini akhir Desember, kami para pelaku di dunia Pendidikan pedesaan dan sepertinya juga dunia Pendidikan Perkotaan pun sama, kami “LIBUR PANJAAANG”. kami para pejuang pendidikan, siswa dan pendamping siswa seolah berubah menjadi “Manusia Canggih”, we are digital Teacher and Student. Kami melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar tidak secara manual lagi tapi all full Online. Kami menjelaskan materi kepada siswa selalu dalam jaringan internet. Siswa pun mengumpulkan tugas juga tidak lagi dengan selembar kertas namun bagai makhluk ghoib yang langsung terkirim kepada kami para guru meskipun mereka hanya dari rumah mereka masing masing.

Hari ini, di hari libur pasca Ujian Semeter Gasal dan menjelang libur Tahun baru. rasanya sangat rindu dengan hiruk pikuk suasana kelas yang nyata, ingin sekali “belajar lagi” bersama para siswa yang multi karakter, ingin melihat mereka berteriak menyanyikan Mars SMK Muhammadiyah Suruh setiap pagi di Hall baru kami, ingin menjadi Makmum di Masjid Al Munawaroh yang full Jamaah.

Libur Panjang memang menyenangkan, bermain Gadget atau Komputer lebih sering dengan dalih Mengajar atau belajar hampir setiap waktu, padahal mencari hiburan di Youtube dan Social Media memang asyik, tapi kami merindukan suasana pendidikan yang kembali Normal.

Pageblug, Pandemic, dan Masa Sulit semoga cepat berlalu. bagaimanapun juga, tetap ada banyak hikmah yang kami bisa ambil di hampir 9 bulan masa pandemi ini. bersyukur karena atas izin Nya kami semua diberikan kesehatan, diberikan banyak limpahan nikmat. ada banyak proses pembelajaran yang sebelumnya kami tidak pernah lalui, dan karena pandemi ini kami bisa melaluinya. ada banyak hal yang sebelumnya kami pikir tidak bisa mencapainya tapi ternyata kami bisa.

11 tahun menjadi rumah kedua kami, kampus biru bernama SMK MUHAMMADIYAH SURUH seolah menyerukan dengan lantang. “HEY, INILAH WAKTU YANG TEPAT UNTUK MU UNTUK BERSEMANGAAAT”. tidak peduli apapun kondisinya, apapun situasinya. DON’T STOP LEARNING and NEVER GIVE UP.

Special Thanks to siswa atas nama Mahendra Maulana dan Pendamping Siswa Bapak Muhammad Arifin atas pencapaiannya di Masa Pandemi ini sebagai Juara 1 LKS Technology Automobile Semarang Regency- Bravooo.

-Sekian-

TINGGALKAN KOMENTAR

SAMBUTAN (MPLS) MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH