SEKILAS INFO
: - Rabu, 08-12-2021
  • 1 minggu yang lalu / Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan Secara Daring
  • 1 bulan yang lalu / 28 Oktober 2021 Serbuan Vaksin Dosis II (Kedua) untuk pelajar dan umum.  Vaksin Sinovac 1.000 dosis. Kerjasama Pimpina Daerah Muhammadiyah Kab. Semarang – Kodam IV Diponegoro.
TEFA SMK MUHAMMADIYAH SURUH: UNTUK PENDIDIKAN INDONESIA YANG LEBIH BERKUALITAS

Oleh: Dalih Usman, M.Pd ( Ketua Majlis Dikdasmen PCM Suruh & Pengawas Pembina SMK Kabupaten Semarang).

Di masa penjajahan Jepang, tokoh puisi Indonesia yaitu Chairil Anwar pernah menulis sebuah sajak, dua baris terakhir dengan kalimat:

Kawan, kawan

Kita mengayun pedang ke Dunia Terang

Kalimat  Chairil – menyerukan sebuah perjuangan ke dunia yang lebih baik (Catatan Pinggir, Gunawan Muhammad 1986).

Kalimat  dua baris terakhir itu sangat layak disematkan ke pengelola SMK Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang Jawa Tengah selain tentunya teologi Al Maun yang menjadi landasan utama pergerakan Muhammadiyah. Bagaimana tidak?

Era pendemi covid 2019 yang diawali Maret 2020 ternyata sangat berdampak di SMK Muhammadiyah Suruh mungkin juga sekolah swasta lain, baik itu dari sisi kegiatan pembelajaran maupun pemasukkan keuangan yang berasal dari SPP siswa, bahkan banyak alumni SMK Muhammadiyah Suruh terkena PHK. Honor atau gaji dari bapak/ibu guru sebagian besar atau hampir seluruhnya berasal dari SPP yang dibayarkan siswa. Berkaitan dengan alumni yang kena PHK bisa diketahui karena banyak yang datang ke sekolah menanyakan tentang informasi lowongan pekerjaan, selain tentunya informasi dari mulut ke mulut.

Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan K3 menjadi semacam tiang penyangga untuk tetap tegaknya sekolah karena goncangan ini. Mereka lirik sana sini, mengumpulkan informasi, berdiskusi menjadi makanan sehari-hari, selain tentunya mohon petunjuk illahi Robbi baik berjamaah maupun sendiri-sendiri. Maka diputuskan optimalisasi Teaching Factory yang selama ini belum menjadi bagian mesin uang sekolah untuk bisa mandiri. Memang tidak semudah yang diucapkan, tapi itulah jalan yang cukup cepat dan agak lurus untuk dilalui.

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

SAMBUTAN (MPLS) MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH