SEKILAS INFO
: - Jumat, 15-10-2021
  • 10 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru TP 2021/2022 telah dibuka, untuk mendaftar klik Menu PPDB2021 atau kunjungi ppdb.smkmuhsuruh.sch.id
  • 1 tahun yang lalu / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS SMK Muhammadiyah Suruh akan dilakukan secara Daring.
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang Siswa Baru SMK Muhammadiyah Suruh Tahun Ajaran 2020 / 2021
AYO BERMAIN MUSIK

Pelajaran seni budaya adalah pelajaran yang sangat menyenangkan bagi siswa, karena dalam pelajaran ini diajarkan berbagai macam seni, mulai dari menggambar, mewarnai, membuat seni kerajinan, menari, bermain drama dan bermain musik juga menyanyi.

Anak – anak dibuat senang dengan berbagai variasi pembelajaran seni budaya khususnya seni musik. akan tetapi akhir – akhir ini seni bermain musik agak kurang mendapat tempat di hati anak – anak sekolah khususnya anak SMK, mereka lebih suka bermain game online yang menurut mereka lebih menantang dan seru.

Pada awal saya mengajar yaitu tahun 2008, jika materi pelajaran praktek bermain musik, rata – rata banyak sekali dalam satu kelas itu anak – anak yang bias bermain musik, hampir 90 % anak – anak bisa bermain musik, itu karena jika mereka bermain dirumah kumpul dengan teman- teman sebaya mereka sambal bermain musik, ada yang membawa gitar, ada yang membawa kendang ketipung, ada yang bawa icik – icik dari batu batre bekas, tetapi akhir – akhir ini sudah sangat jarang sekali dijumpai anak – anak yang kumpul dengan temannya dengan bermain musik, jika berkumpul anak – anak sekarang lebih suka bermain game online.

Apakah ada di antara kamu ada yang bisa bermain musik? Wah, beruntunglah kamu yang bisa memainkan satu alat musik, bahkan lebih. Bisa dikatakan, kamu adalah anak yang cerdas, Karena  hobi bermusik dapat membentuk otak anak muda dalam meningkatkan fungsi-fungsi dan pemusatan perhatian. Apalagi, jika pelatihan bermusik sudah diberikan sejak usia dini. Berikut ini adalah manfaat dari bermain musik.

Manfaat Bermain Musik :

  1. Mengendalikan Emosi

Bahwa latihan bermusik dapat mengurangi rasa cemas pada anak-anak seperti kita. Bermain musik juga dapat mengendalikan emosi yang kita rasakan. 

  1. Membantu Anak untuk Fokus

Bermain musik juga bermanfaat untuk memfokuskan pikiran dan otak pada anak-anak seperti kita. Selain itu, musik juga berperan untuk meningkatkan memori pada otak. 

  1. Melatih Ketrampilan

Bermain alat musik dapat melatih ketrampilan fisik. Contohnya, saat bermain drum, tangan dan kakimu bergerak mengikuti irama selama lagu dimainkan. Ini dapat membantu alat gerak berkoordinasi dengan baik. Sama juga seperti bermain gitar, piano, biola, dan alat musik lainnya. 

 

  1. Melatih Kesabaran dan Kedisiplinan

Orang yang bisa bermain musik secara handal, pasti sudah melakukan latihan yang keras. Nah, latihan tersebut dilakukan harus dengan kedisiplinan dan kesabaran, supaya hasilnya maksimal. Nah, anak – anak itulah beberapa Manfaat bermain musik akan lebih terasa secara maksimal jika anak – anak juga konsisten dalam berlatih. Jangan terburu-buru. Jika ingin menjadi handal dalam bermusik, tetap tekun dan banyak berlatih dan jangan menyerah. 

Melihat sebegitu luar biasanya manfaat bermain musik, mari anak – anak kita giatkan kembali bermain musik, jika kita berkumpul, kita sambal bermain musik yang akan membuat hati kita akan menjadi senang, tanpa harus takut akan dampak bermain musik, berbeda dengan jika bermain game online, selain pemborosan kuota juga ada dampak lain dari radiasi sinar HP yang ditimbulkan.

Penulis

Sigit Susanto, S.Sn

Guru Seni Budaya SMK MUhammadiyah Suruh, KAB SEMARANG.

SAMBUTAN (MPLS) MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH