SEKILAS INFO
: - Rabu, 08-12-2021
  • 1 minggu yang lalu / Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan Secara Daring
  • 1 bulan yang lalu / 28 Oktober 2021 Serbuan Vaksin Dosis II (Kedua) untuk pelajar dan umum.¬† Vaksin Sinovac 1.000 dosis. Kerjasama Pimpina Daerah Muhammadiyah Kab. Semarang – Kodam IV Diponegoro.
Peraih prestasi :
Gerakan HW SMK Muhammadiyah Suruh merebut Juara Harapan 2

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) SMK Muhammadiyah Suruh untuk ke sekian kalinya mengikuti Lomba Pioneering Pramuka Tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Se-Kota Salatiga dan Sekitarnya yang di adakan oleh Saka Wirakrtika kota Salatiga pada Sabtu, 25 September 2021. Pionering merupakan salah satu keahlian Hard Skill yang di pelajari oleh setiap anggota HW, meliputi keahlian dalam bidang tali-menali, men-desain bentuk suatu bangunan, menumbuhkan sikap kerjasama, manejemen waktu dan ketepatan serta kekuatan tehnik membangun suatu bangunan. Dalam kesempatan ini, HW SMK Muhammadiyah Suruh mengirimkan 14 Rakanda dan Ayunda terbaik sebagai perwakilan sekolah dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Terdiri dari dua kelompok Putra – Putri, kelompok Putra Qobilah Sayyidu Walladi Adam mengirimkan Rakanda-Rakanda terbaiknya, Muhammad Maulana Assidikq (X TKRO B), Muhammad Wisnu Afandi (X TKRO A) Satryia Adi Nugraha (X TKRO A), Heru Jamaludin (X TITL), Lukman Setiyawan (XII TITL) dan Muhammad Khoirul Anam (XI TKRO A). Sedangkan untuk kelompok Putri Qobilah Sayyidatu Walladi Adam mengirimkan Ayunda-Ayunda tergiatnya yaitu, Defi Anggraini (X TITL), Nensi Larasati (XII TB A), Revalina Pramesti (X TITL), Lutviana Gladis Saputri (XII TKRO B), Eka Winarti (XII TB A), Indika Rahma Ismasari ( X TKRO B ), Nurul Hidayati Ningsih ( XII TB A ) dan Putri Amelia (X TB B).

Terletak di markas besar Kodim 0174 Salatiga di Jl. Diponegoro No. 35 Salatiga, kegiatan di mulai dengan membagi peserta menjadi tiga kelompok untuk mengikuti brain stroming dalam bentuk permainan dinamika kelompok dan seminar Kebangsaan tentunya semua kegiatan sudah mematuhi dan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Ikut bersaing dengan puluhan sekolah lainnya, SMK Muhammadiyah Suruh adalah satu-satunya Sekolah Muhammadiyah yang mengikuti kegiatan tersebut. Tidak merasa berbeda dengan anggota Pramuka yang lain, siswa-siswi perwakilan terbaik sekolah mampu membangun dua buah bentuk bangunan Gubuk masing-masing satuan terpisah dalam waktu 80 menit dari estimasi waktu 90 menit yang di berikan oleh panitia.

Buah hasil kerja keras selama satu bulan latihan yang di awali dengan melewati tahap seleksi ketat, penetapan data peserta, latihan simpul dan tali dasar, mengecat tongkat dan membuat hiasan Gubuk seperti atap rumbai dari pohon kelapa dan daun tebu, mendesain bentuk tangga dan hiasan lainnya, akhirnya SMK Muhammadiyah Suruh menduduki Peringkat ke 5 kelompok Putra Tergiat dengan memperoleh akumulasi nilai total sebanyak 804 point dari empat indikator penilaian. Sedangkan yang juga tidak kalah membanggakan, kelompok Putri menduduki peringkat ke 8 dengan akumulasi nilai sebanyak 750 poin. Dengan demikian, Gerakan HW SMK Muhammadiyah Suruh mampu bersaing dan merebut juara Harapan 2 Putra mengalahkan 24 sekolah dan 54 bangunan gubuk lainnya. Dengan hasil tersebut, pada hari Jumat 8 Oktober 2021, perwakilan peserta lomba secara simbolis menyerahkan Vandel kepada sekolah yang di wakilkan melalui Pak Fikri selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan pada saat apel pagi bertempat di Hall Kampus 1 SMK Muhammadiyah Suruh. Dengan harapan, semoga melalui Ekstrakulikuler Hizbul Wathan, siswa-siswi SMK Muhammadiyah Suruh mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam bentuk hard skill yang di miliki, dan bisa menjadi penyemangat dan motivasi untuk semua siswa agar bisa berprestasi melalui bidang keahlian masing-masing. Dan terkhusus untuk anggota HW, agar bisa menjadi lebih baik dalam perlombaan Pionering selanjutnya

SAMBUTAN (MPLS) MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH